Jakarta (ANTARA) - Grab Indonesia menyatakan sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan rumah sakit rujukan perawatan COVID-19 untuk menyediakan promosi bagi tenaga medis.
"Grab melihat pentingnya untuk memperkuat amanat tersebut dengan menyiapkan armada luar biasa agar upaya penanganan darurat COVID-19 juga dapat tetap berjalan secara fisik," kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan pers, dikutip Jumat.
Grab mengalokasikan 1.000 motor GrabBike dan 1.000 mobil GrabCar di seluruh Indonesia agar tenaga medis bisa memesan langsung lewat fitur GrabNow. Armada khusus ini dapat digunakan untuk mengantar staf medis, hasil laboratorium dan obat-obatan.
Baca juga: Jajaran managemen Grab donasikan 20 persen gaji untuk mitra
Baca juga: Grab buat program bantuan untuk pengemudi hadapi corona
Pemesanan juga bisa dilakukan lewat fitur concierge, melalui portal, dibantu admin di rumah sakit. Pemesanan ini juga berlaku untuk pasien yang membutuhkan transportasi dari atau menuju rumah sakit agar tidak ada kerumunan orang di rumah sakit.
Armada yang disiapkan Grab untuk layanan ini dilengkapi dengan pengamanan khusus untuk mencegah transmisi virus corona, salah satunya mobil GrabCar menggunakan partisi plastik antara pengemudi dengan penumpang.
Sementara pengemudi GrabBike, juga GrabCar, dilengkapi dengan alat perlindungan diri berupa masker dan sarung tangan, juga kacamata dan pelindung sepatu jika situasi memburuk.
Grab akan menguji coba armada khusus tenaga medis di beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta.
Baca juga: Bantu atasi corona, Gojek dan Grab sediakan angkutan untuk ahli medis
Baca juga: Bepergian dengan "ojol" di tengah pandemik corona, amankah?
Perlindungan pengemudi
Untuk menjaga keselamatan mitra pengemudi mereka, Grab melakukan beberapa cara antara lain mendistribusikan "toolkit COVID-19", berupa produk sanitasi seperti cairan pembersih tangan, hand sanitizer, masker dan disinfektan, serta stiker edukasi untuk penumpang.
Grab juga membangun stasiun sterilisasi dan pembersihan mobil di satu unit Grab Excellence Centrer dan empat Grab Drive Center di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Fasilitas itu akan diperluas ke 10 kota lain di Indonesia.
Grab juga menyediakan pencucian helm dan jaket untuk pengemudi GrabBike di sekitar 20 lokasi di Pulau Jawa.
Baca juga: Ojek "online" mulai terapkan layanan tanpa kontak langsung
Baca juga: Gojek beri voucher perjalanan untuk tenaga kesehatan
Baca juga: Gojek dapat izin impor masker untuk pengemudi dan donasi
"Grab melihat pentingnya untuk memperkuat amanat tersebut dengan menyiapkan armada luar biasa agar upaya penanganan darurat COVID-19 juga dapat tetap berjalan secara fisik," kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, dalam keterangan pers, dikutip Jumat.
Grab mengalokasikan 1.000 motor GrabBike dan 1.000 mobil GrabCar di seluruh Indonesia agar tenaga medis bisa memesan langsung lewat fitur GrabNow. Armada khusus ini dapat digunakan untuk mengantar staf medis, hasil laboratorium dan obat-obatan.
Baca juga: Jajaran managemen Grab donasikan 20 persen gaji untuk mitra
Baca juga: Grab buat program bantuan untuk pengemudi hadapi corona
Pemesanan juga bisa dilakukan lewat fitur concierge, melalui portal, dibantu admin di rumah sakit. Pemesanan ini juga berlaku untuk pasien yang membutuhkan transportasi dari atau menuju rumah sakit agar tidak ada kerumunan orang di rumah sakit.
Armada yang disiapkan Grab untuk layanan ini dilengkapi dengan pengamanan khusus untuk mencegah transmisi virus corona, salah satunya mobil GrabCar menggunakan partisi plastik antara pengemudi dengan penumpang.
Sementara pengemudi GrabBike, juga GrabCar, dilengkapi dengan alat perlindungan diri berupa masker dan sarung tangan, juga kacamata dan pelindung sepatu jika situasi memburuk.
Grab akan menguji coba armada khusus tenaga medis di beberapa rumah sakit rujukan di Jakarta.
Baca juga: Bantu atasi corona, Gojek dan Grab sediakan angkutan untuk ahli medis
Baca juga: Bepergian dengan "ojol" di tengah pandemik corona, amankah?
Perlindungan pengemudi
Untuk menjaga keselamatan mitra pengemudi mereka, Grab melakukan beberapa cara antara lain mendistribusikan "toolkit COVID-19", berupa produk sanitasi seperti cairan pembersih tangan, hand sanitizer, masker dan disinfektan, serta stiker edukasi untuk penumpang.
Grab juga membangun stasiun sterilisasi dan pembersihan mobil di satu unit Grab Excellence Centrer dan empat Grab Drive Center di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Fasilitas itu akan diperluas ke 10 kota lain di Indonesia.
Grab juga menyediakan pencucian helm dan jaket untuk pengemudi GrabBike di sekitar 20 lokasi di Pulau Jawa.
Baca juga: Ojek "online" mulai terapkan layanan tanpa kontak langsung
Baca juga: Gojek beri voucher perjalanan untuk tenaga kesehatan
Baca juga: Gojek dapat izin impor masker untuk pengemudi dan donasi
Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020
0 comments:
Post a Comment