Jakarta (ANTARA) -
Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI membuka layanan pengaduan untuk masyarakat pengguna laut di Indonesia.

"Bakamla meluncurkan layanan 'contact center' yang menerima pengaduan masyarakat dan seluruh pengguna laut," kata Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Aan Kurnia di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan layanan itu dapat diakses melalui telepon 150321, pesan singkat,  whatsapp 082125189898, dan surat elektronik contactcenter@bakamla.go.id.

"Selama 24 jam dalam sepekan selalu aktif," ujarnya.

Menurut dia, terdapat beberapa situasi di laut yang perlu dilaporkan masyarakat dan menjadi tugas Bakamla untuk mengkoordinasikan dengan kementerian/lembaga terkait.

Layanan itu diharapkan dapat memberikan solusi atas keluhan masyarakat khususnya para pengguna laut.

Baca juga: Bakamla bantu evakuasi imigran ilegal Rohingya
Baca juga: Bakamla luncurkan satu kapal berkecepatan tinggi buatan dalam negeri

"Saya menginginkan begitu laporan langsung aksi," katanya.

Dia menjelaskan layanan itu bekerja dari laporan masyarakat. Selanjutnya diteruskan dan dihubungkan kepada kementerian/lembaga terkait atau pun terdekat dari lokasi pelapor.

"Pentingnya koordinasi dan kolaborasi, karena sangat menghemat dari unsur-unsur kementerian/lembaga yang sumber daya manusia atau personel terbatas," katanya.

Kepala Bakamla RI meresmikan ruang layanan pengaduan di Kompleks Kantor Bakamla usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-17 Bakamla RI.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022