Sorong (ANTARA) -
Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meresmikan Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya (KPU PBD) yang beralamat di Jalan Merpati, Kelurahan Remu Utara, Distrik Sotong, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, Minggu.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam sambutannya menjelaskan bahwa keberadaan Kantor KPU PBD sangat representatif karena posisinya tepat di pusat kota sehingga nantinya akan menjadi pusat bagi penyelenggaraan pesta demokrasi 2024.
 
"Ini lokasinya strategis, dan pelayanan pun tentunya yang diharapkan pun seluruh proses tahapan pemilu berlangsung maksimal, itu harapan kita," jelas Hasyim Asy'ari peresmian Kantor KPU PBD.

Gedung kantor ini, sebut dia, tidak hanya bangunan fisik yang megah, tetapi lebih dari itu adalah kantor ini akan menjadi pusat kepemiluan khususnya berkaitan dengan seluruh tahapan pemilihan umum nanti.
 
"Saya mau ingatkan KPU PBD marilah kita jadikan kantor ini sebagai pusat kepemiliuan, karena akan melayani setiap pemilih dan peserta pemilu menuju pesta demokrasi yang berkualitas," harap Hasyim.

Hasyim pun menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Pemerintah PBD yang begitu peduli dan cepat menyiapkan fasilitas kepada penyelenggara pemilu di daerah ini.
 
"Karena PBD ini masih baru, namun sudah menyiapkan fasilitas yang representatif kepada KPU PBD, maka ini satu kebanggaan bagi kami," ucap Hasyim.
 
Hasyim berharap kerja sama yang telah terbangun antara KPU dan Pemerintah PBD kiranya semakin diperkuat guna menyukseskan pesta demokrasi nanti untuk mencapai demokrasi yang berkualitas di provinsi ke 38 ini.
 
"Kerja sama dan koordinasi yang intens akan menjadikan kita untuk melangkah lebih muda dalam melaksanakan seluruh tahapan pemilu," pinta dia.
 
Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad dalam sambutannya pun menyampaikan apresiasi kepada KPU PBD, karena dalam waktu singkat telah memiliki kantor sekretariat yang memadai dan representatif.
 
"Saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi kepada KPU karena dalam waktu dan cepat KPU PBD sudah memiliki kantor yang memadai. Karena sebelumnya masih bergabung dengan KPU Kota Sorong," jelas Musa'ad.

Gedung megah ini, sebut Musa'ad, nantinya harus dipahami sebagai bagian dari satu bentuk optimalisasi pelayanan terhadap seluruh tahapan pemilu agar berjalan baik, maksimal dan lancar.
 
Lebih jauh Musa'ad mengingatkan KPU PBD agar bekerja keras untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan demokrasi yang berkualitas dan maksimal. Kendati pun PBD ini baru lahir dan menjadi provinsi termuda di Indonesia, bukan menjadi penghalang untuk menunjukkan bahwa PBD juga bisa mencapai dan menghadirkan penyelenggaraan yang berkualitas.
 
"Kita harus tunjukkan bahwa kita bisa walaupun memang kita baru dan muda di republik ini tetapi bukan berarti kita tidak bisa, ini harus menjadi perhatian kita khususnya KPU sebagai penyelenggara," harap Musa'ad.
 
Musa'ad berkomitmen akan selalu hadir mendampingi KPU PBD melalui dukungan konkret, sehingga KPU PBD bekerja lebih maksimal dan optimal.

Peresmian Kantor KPU PBD ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua KPU RI dan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya. Selanjutnya diikuti dengan pemantauan secara menyeluruh ke setiap ruang kerja KPU PBD.
 
  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023