Fakta sejarah membuktikan di tengah tekanan tersebut, Megawati tidak berhenti berjuang hingga PDI Perjuangan berhasil menjadi pemilu.
Padang (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan para kader untuk tetap semangat dan menanamkan nilai-nilai yang telah dicontohkan presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

"Kader partai di Sumatera Barat didorong tetap berjuang dengan api semangat nan tak kunjung padam seperti proklamator kemerdekaan Indonesia Ir. Soekarno dan Hatta serta Ibu Megawati sendiri," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Padang, Selasa.

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, kata Hasto, juga menyampaikan salam dan semangat kepada para kader partai di Sumatera Barat yang melaksanakan rapat kerja daerah (rakerda).

"Ibu Mega menyampaikan pesan bahwa beliau sangat memahami perjuangan di Sumbar ini tidaklah mudah," kata Hasto.

Megawati, kata Hasto, juga menceritakan sejarah perjalanannya juga tidak jauh berbeda dengan kondisi yang dihadapi para kader di Ranah Minang. Putri Soekarno itu bercerita pernah berkampanye di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, pada tahun 1987 dan hanya dihadiri 25 orang.

"Karena tak mudah pada saat itu bagi anak Soekarno berkampanye untuk PDI di tengah tekanan rezim Orde Baru yang represif, yang melarang orang datang di kampanye PDI," kata Hasto menceritakan ulang kisah Megawati.

Baca juga: PDIP apresiasi Bupati Trenggalek angkat tesis tentang Sarinah
Baca juga: Pembangunan Monumen Plaza Bung Karno di Bandung mulai "groundbreaking"


Namun, fakta sejarah membuktikan di tengah tekanan tersebut, Megawati tidak berhenti berjuang hingga berhasil membawa partai tersebut menjadi pemenang pada pemilihan umum (pemilu).

"Pesan Ibu Mega jangan pernah merasa kehilangan semangat. Justru di tengah kondisi penuh tantangan inilah Anda akan digembleng dengan semangat Soekarnois yang penuh perjuangan," kata dia.

Semangat perjuangan yang sama juga dilakukan para pendiri bangsa asal Ranah Minang, yakni Bung Hatta, Tan Malaka, K.H. Agus Salim, dan lain sebagainya. Bersama Soekarno, para pendiri bangsa menggembleng diri sejak kecilnya untuk menyiapkan kemerdekaan Indonesia dari jajahan Belanda.

"Bung Karno, Bung Hatta, K.H. Agus Salim dan para bapak bangsa berhasil mengusir penjajah," ucap dia.

Oleh karena itu, dia mengajak para kader untuk terus meneladani perjuangan para pendiri bangsa yang sejak kecil sudah menggembleng diri dengan ilmu pengetahuan, termasuk menggali pemikiran tokoh dunia dan merancang kemerdekaan Indonesia.

Terkait dengan rakerda, Hasto mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi ajang bagi setiap kader untuk merancang strategi dan tahapan langkah menghadapi Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar Alex Indra Lukman mengatakan bahwa pihaknya bertekad dan berjuang keras memenangi pemilu anggota legislatif dan Pemilu Presiden/Wakil Presiden 2024.

Menurut dia, dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya, soliditas PDI Perjuangan Sumatera Barat dalam menghadapi Pemilu 2024 jauh lebih baik. Hal itu ditandai dengan seluruh kursi calon anggota legislatif untuk semua tingkatan di provinsi itu terisi penuh.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023